BKKBN Gelar Temu Komunitas Gamers
Minggu, 23 September 2018 18:55 WIB
INFO BISNIS - Saat ini kemajuan teknologi dan dunia digital sudah menjadi “kawan akrab” khususnya pagi para remaja. Hanya saja kemajuan teknologi ini tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga negatif.
Maka dari itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) selalu memberikan informasi dan mengedukasi para remaja agar dapat berprestasi dan berkualitas saat memanfaatkan media online, termasuk dunia games. Salah satunya dengan menyelenggarakan temu komunitas gamers di Mall Ciputra, Cibubur, pada Minggu, 23 September 2018. Selain bertemu dengan pecinta gamers, kegiatan ini juga diisi dengan talkshow dari Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, praktisi, pengamat games Fransiska Oetami, dan salah satu gamers wanita di Indonesia, Nixia Monica Carolina.
Dalam sambutannya, Sigit menjelaskan bahwa remaja sejatinya adalah calon generasi penerus bangsa. Namun masih rentan dengan permasalahan-permasalahan seperti putus sekolah, masalah seksualitas (hamil di luar nikah), dan penyalahgunaan napza. “Maka, BKKBN melalui program Generasi Berencana (GenRe) memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja. Mulai dari pendidikan yang terencana, berkarir dalam pekerjaan yang terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi. mempersiapkan kehidupan berkeluarga," ujar Sigit.
Melalui pendekatan dengan games, informasi, dan edukasi, remaja bisa lebih fun. Menurut Sigit, pengguna games bukan hanya asyik mencoba menyelesaikan permainannya, tetapi juga mendapatkan informasi dan sosialisasi terkait dengan kebutuhan mereka untuk menjadi Generasi Berencana. “Diharapkan, para remaja menjadi generasi penerus bangsa yang mampu dihandalkan, dengan berkarya dan memanfaatkan teknologi dengan baik dan mengisi dengan kegiatan yang positif," kata Sigit.
Selain temu komunitas gamers, di kegiatan ini juga diadakan Sayembara Cipta Games 2018 yang diikuti 3 finalis yaitu Educa, Inmotion, dan Creacle, yang merupakan studio gamers yang peduli dengan perkembangan dunia remaja. Mereka melibatkan remaja dari PIK-R (Pusat informasi dan Konseling - Remaja) pada saat pembuatan games sampai selesai, sehingga akan menstimulasi dan mengedukasi remaja tentang program KKBPK melalui bermain games.
Para finalis Sayembara Cipta Games 2018 dinilai oleh dewan juri Eka Sulistya Ediningsih selaku Direktur Direktorat Ketahanan Remaja BKKBN beserta Hendra Wahyudin dari Mantan Brand Manager Lyto Games dan Bagus Hidayat dari Dir. Data dan Informasi Genre BKKBN.
Acara tersebut pun dimenangkan oleh Educa yang menjadi juara umum Sayembara Cipta Games 2018. (*)